REVIEW FORMAT IJASAH SMK EDISI 2006 KTSP UNTUK TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Format Ijasah SMK yang digunakan pada tahun pelajaran 2009/2010 ini merupakan format Ijasah untuk KTSP edisi tahun 2006 yang berarti format ini terakhir kali digunakan pada tahun ini. Hal ini disebabkan pada tahun pelajaran 2010/2011 kurikulum yang digunakan mengacu pada spektrum baru untuk kompetensi kejuruannya.

Format Ijasah SMK untuk Daftar Nilai pada sisi belakang Ijasah terdiri dari 3 bagian yaitu Ujian Nasional, Ujian Sekolah, dan Kompetensi Keahlian Utama. Untuk daftar nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah menurut saya tidak ada masalah dalam pengisiannya, akan tetapi pada tabel/daftar nilai untuk Kompetensi Keahlian Utamanya yang agak membingungkan untuk sekolah yang baru menjadi sekolah penyelenggara Ujian Nasional. Hal ini disebabkan jumlah Kompetensi Keahlian Utama yang harus diberi nilai relatif sedikit jika dibandingkan dengan Standar Kompetensi yang ada. Pada daftar nilai di Ijasah hanya terdapat kurang lebih 14 Kompetensi Keahlian Utama, sedangkan SK yang diberikan bisa mencapai dua kali lipat bahkan lebih. Disinilah perlu dilakukan pemilahan SK yang relevan untuk daftar nilai Kompetensi Keahlian Utama pada Ijasah, akan tetapi Pedoman Teknis untuk pengambilan nilai, sepengetahuan saya tidak diberikan setiap tahun. Pedoman Teknis yang ada hanyalah cara pengisian halaman depan Ijasah saja.

Yang menjadi masalah lagi jika Kompetensi Keahlian Utama yang tercetak pada daftar nilai tidak sesuai dengan kurikulum yang digunakan di sekolah yang bersangkutan. Misalnya kurikulum yang digunakan oleh SMK  “A” adalah KTSP 2006, sedangkan format Ijasah untuk daftar nilainya tercetak menggunakan kurikulum 1999, dimana antara kurikulum 1999 dan KTSP 2006 banyak perbedaannya. Maka SMK  “A”  kebingungan dalam pengambilan nilai yang akan dituliskan di daftar nilai Ijasahnya, sementara kurikulum 1999 sudah tidak digunakan lagi dan SK kejuruannya tidak diajarkan lagi pada KTSP 2006.

Menurut saya, yang bisa dijadikan contoh hal tersebut diatas yaitu format Daftar Nilai Ijasah untuk Progran Keahlian Teknik Audio Video. Pada tahun 2009/2010 ini, Ijasah dicetak menggunakan format Ijasah edisi KTSP 2006 akan tetapi yang muncul di Kompetensi Keahlian Utamanya adalah kurikulum 1999.

Saran saya untuk pihak terkait,

1. tahun pelajaran 2010/2011 sudah banyak SMK yang menggunakan kurikulum spektrum baru sehingga perlu teliti dalam pencetakan daftar nilai Ijasah.

2. sebaiknya penyusun SK/KD untuk setiap Kompetensi Keahlian sekaligus juga membuat konsep format daftar nilai Ijasahnya.

3. penyusun SK/KD untuk setiap Kompetensi Keahlian dan pembuat konsep format daftar nilai Ijasah janganlah dari tim/orang yang berbeda sehingga antara kurikulum yang dibuat dan format daftar nilai ijasahnya sesuai.

4. dibuatkan Pedoman Teknis cara pengambilan/pengisian daftar nilai Ijasah secara jelas dan rinci, misalnya nilai diperoleh dari SK yang mana saja, diambil nilai rata-rata atau nilai terendahnya, dsb.

Demikianlah review format Ijasah yang digunakan pada tahun pelajaran 2009/2010. Mohon maaf jika tulisan ini kurang berkenan, tidak layak ataupun salah.

Satu Tanggapan to “REVIEW FORMAT IJASAH SMK EDISI 2006 KTSP UNTUK TAHUN PELAJARAN 2009/2010”

  1. nice info gan…. thanx

    DOWNLOAD E-BOOK AKHIR ZAMAN GRATISS !!
    http://www.penuai.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: